Pelayanan Kesehatan Di Indonesia

Written by Indra Chaidir | 3,005 views

Hari ini (12 April 2007) merupakan hari yang cukup melelahkan. Tapi lelah ini cukup terbayarkan karena setelah melihat hasil pemeriksaan oleh dokter kandungnan terhadap istri saya. Ya inilah awal saya untuk menjadi calon bapak 😀 . Tetapi ada rasa kesal dalam hal pelayanan kesehatan di negeri kita, terutama di Jakarta, entahlah jika di daerah lain.

Berawal dari pemeriksaan kesehatan istri saya, yang notabane nya adalah seorang karyawati PNS, dimana PNS mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan ASKES. Bukan kepada ASKES saya kecewa dan kesal. Tetapi tempat dimana rujukan atau surat pengantarlah yang membuat kesal. Di dalam aturan ASKES bahwa setiap PNS boleh mendapatkan rujukan dari PUSKESMAS dimana saja berada atau Dokter Pribadi.

Permasalahan muncul di PUSKESMAS ini, sebutlah PUSKESMAS inisial daerahnya UKS, Puskesmas ini menolak mentah-mentah dan dapat semprotan ( bahasa mana nih ? 😀 ). Mereka tidak mau memberikan Surat Rujukan ASKES ke Rumah Sakit yang kita rujukan. Untuk mendapatkan Surat Rujukan ini saya harus ke Pukesmas dimana istri saya membuatnya. Duh kok bisa begini, kan Puskesmas dimana-mana sama saja, toh PUSKESMAS tempat istri buat kartu ASKES jauh sekali. Memang sih, hampir rata rata atau PUSKESMAS atau sebutlah Rumah Sakit jika ada pasien ASKES begitu kurang di perhatikan. Belum ada tempat yang saya liat yang begitu perhatian pelayanannya terhadap pasien ASKES. Kok seperti ini pelayanan kesehatan di Indonesia ?. Akhirnya, saya dan istri tidak begitu mengharapkan ASKES lagi.

Saya bawa istri ke Rumah Sakit BK ( tebak ayo 😀 ) , sampai di RS tsb saya tau ada kantor ASKES, saya langsung menanyakan perihal Surat Rujukan tsb di PUSKESMAS. Saya kaget sekali ketika pegawai ASKES menjawab: “PUSKESMAS DIMANA SAJA BISA PAK !!”, nah loh, pegawai ASKES sendiri yang bilang seperti itu, saya laporkan saja PUSKESMAS tsb ke pegawai ASKES. Dan mereka mengatakan, “memang sih pak, jika ada pasien ASKES, sering kurang perhatikan, baik itu di PUSKESMAS maupun RS.” Akhirnya pegawai ASKES ini membuatkan Surat Rujukan yang saya inginkan. Alhamdulillah RS ini tidak seperti itu, pelayanannya lumayan baik, tapi sedikit kasir RS ini sewot ketika menunjukkan Surat Rujukan :D. Apa memang begitu ??

Related Posts

Put your related posts code here
  1. 4 Responses to “Pelayanan Kesehatan Di Indonesia”

  2. By indri on Apr 16, 2007 | Reply

    hihiii…….

    senyum aja deh bro …:)

  3. By Mau Bimbingan TA on Apr 24, 2007 | Reply

    kemana kalau saya mau ikut bimbingan TA ? plss udah datang 2x ke Menara Salemba tapi gagal terus. Plss help me ( It’s about my future ).
    Web tdk bisa diakses.
    http://indra.chaidir.info/bimbingan/

    where i can meet u, plsss …

  4. By nira on Apr 25, 2007 | Reply

    sabar ya uda, klo mo berobat murah emang repot
    mudah-mudahan ibu dan dede bayinya sehat selalu.
    aminnn……..

  5. By anto on Jul 20, 2007 | Reply

    semoga km sembuh yaaaaaaaaaaa

Post a Comment

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :