Archive for the ‘Opinion’ Category

Dehidrasi

Saturday, February 18th, 2006 | 2,485 views

Betul, sehat itu memang mahal. Siapa yang tidak mau sehat, karena sakit itu menyiksa.
Itulah yang aku alami beberapa hari ini. Sakit yang sering di alami orang kantoran
seperti aku sangat berbahaya, begitulah kata Dokter. Aku mengalami dehidrasi yang
di awali dengan buang air besar yang sering sekali alias mencret-mencret. Hehehe..
kata teman-teman salah makan kaleeee…, dasar orang padang penyakitnya gak
jauh dari sakit perut … halah.

Aku ulas sedikit tentang penyakit ini dan tip menjaga dari serangan dehidrasi…
hehehe.. kata dokter sih. Penyakit ini biasa di sebabkan kerja berat, kerja
lembur, olah raga, bekerja di ruangan ber-AC, dan semua itu tidak di imbangi
dengan minum air putih yang banyak. Ketika daya tahan tubuh mulai menurun, dan
ketika makan makanan yang tidak bisa di terima sama perut, maka akan timbul
mencret-mencret. Dehidrasi mulai menyerang.

Kalo hal ini sampai terjadi, segeralah ke dokter karena penyakit ini berbahaya
sekali. Ini aku kasih tip (dari dokter sih)
:

  1. Jika kita berkerja di ruangan ber-AC (nah yang ini aku nih), banyak-banyaklah
    minum air putih. Setiap hari minum air putih sedikitnya delapan gelas atau
    sekitar 2-3 liter.
  2. Jika kondisi kita dalam keadaan capek karena banyak melakukan aktivitas,
    jangan langsung minum minuman yang berenergi seperti suplemen. karena bukan
    menyelamatkan kondisi tubuh akibat kekurangan cairan, namun justru akan menambah
    berat proses pemulihan.
  3. Hindari minuman beralkohol dan sejenisnya, tapi aku bukan peminum loch,
    harom… seeeeech.
  4. Jangan berolah raga di siang hari saat matahari sedang terik.

Yach gitu aja deh pembahasannya, karena aku bukan dokter, tapi cuma sharing
aja. Kalo ada yang kurang jelas silahkan lemparkan pertanyaan ke dokter keluarga
anda, karena aku tidak berwenang untuk urusan ini. Hehehe..

Cerita dari Ranah Minang

Wednesday, December 28th, 2005 | 4,419 views

Ada cerita nih dari kampungku, di Ranah Minang. Ya mungkin sebagian udah ada
yang pernah baca atau dengar cerita ini sehingga dah basi. Tapi bagi yang bukan
orang Minang, mungkin ini sesuatu yang baru … hehehehehehe..

Ceritanya begini :

Usman Chaniago, supir camat di Payakumbuh, minta berhenti karena akan merantau
ke Jakarta untuk mengadu nasib. Mula-mula dia bekerja sebagai tukang kantau
di Tanah Abang, setelah dapat mengumpulkan sedikit modal dimulai pula menggelar
dagangannya di pinggir jalan di Tanah Abang.

Nasib rupanya memihak kepadanya, beberapa tahun kemudian dia berhasil memiliki
kios kain di dalam pasar. Dia pun berkeluarga dan memiliki 2 anak. Tahun ini
dia membangun rumah di Depok, dilingkungan perumahan dosen UI. Karena tetangganya
semua akademisi, macam-macam gelarnya, ada Prof., ada Phd. dll. Usman merasa
malu kalau papan namanya tidak tercantum gelar seperti tetangganya.

Dibuatlah Papan nama dari perak, dipesan dari Koto Gadang, dengan nama DR.Usman
Chaniago MSc. Ketika ayahnya datang berkunjung, sambil bangga dia bertanya di
mana anaknya kuliah, sebab setahu dia, Usman hanya berdagang. Dengan malu-malu
Usman menerangkan gelarnya di papan nama :

Disiko Rumahnyo Usman Chaniago Mantan Supir Camat
artinya :
( Disini Rumahnya Usman Chaniago Mantan Supir Camat / DR. Usman Chaniago MSc
)


…. ada-ada aja….

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :