Cara Mengubah Port SSH pada CentOS

Written on February 27, 2014 – 4:51 pm | by Indra Koto | 1,614 views

Port default untuk SSH adalah port 22, sebuah ide yang baik untuk mengubahnya karena masalah keamanan sistem, sebagian besar hacker menyerang pada port standar, dan jika kita membuat kebiasaan untuk mengubah port ini untuk selain port 22, akan mencegah atau mengurangi serangan hacker pada SSH server kita.

2015-03-01_012505

Cara mengubah Port SSH server adalah :

nano /etc /ssh/sshd_config

Catatan : hak akses adalah root

Setelah Anda membuka file sshd_config,  cari baris seperti ini dibawah ini :

Port 22

Pertama, menghapus tanda #  sehingga baris tersebut aktif, hal berikutnya yang harus dilakukan sekarang adalah mengubah angka port sesuai  Anda inginkan, misal :

Port 2222

Catatan: jangan gunakan port yang sudah digunakan untuk layanan lain seperti port 80 untuk HTTP atau 443 untuk SSL.

Kesimpulan: Mengubah port ssh merupakan salah satu cara mengurangi serangan terhadap server, bukan berarti bebas dari serangan. Masih banyak metode-metode serangan yang dilakukan oleh seorang hacker. Setiap metode serangan terhadap server ataupun webserver, masih ada cara mengatasinya. Hanya saja apakah pengelola server peduli terhadap keamanan server itu sendiri.

Related Posts

Put your related posts code here

Post a Comment

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :