PHP 4 vs PHP 5

Alhamdulillah, akhirnya bisa juga web ini online kembali, banyak sekali permasalah yang timbul sejak migrasi mesin dari server yang lama ke server yang baru. Pada server yang lama menggunakan PHP 4 semua script yang dibuat berjalan baik. Ketika server pindah ke yang baru dan rupanya menggunakan PHP 5 bencana itu datang.. halah. Website-website yang saya buat tidak jalan dengan semestinya, termasuk webiste client.

Bahwa semua website yang saya buat tidak menggunakan CMS melainkan coding sendiri, akibatnya banyak script yang tidak kompatible dengan PHP 5. Baru sekarang ini dapat saya oprek habis-habisan dimana yang banyak terjadi kesalahan coding, dibawah ini ada beberapa yang sangat banyak sintak yang tidak jalan di PHP 5.

Misal, pada PHP 4 saya sering menggunakan cetak dengan perintah :
<? ?> atau <?=$data?> Sintak ini tidak berjalan baik di server baru dengan PHP 5 -nya, akhirnya semua script halaman web yang berhubungan dengan cetak saya edit dengan sintak biasa yaitu echo , alhamdulillah berhasil tapi capek juga edit satu demi satu setiap halaman, belum webnya client.. hehehe. Contoh sintak pada PHP 5 harus di tambah satu kata php di belakang < ? , sbb:

<?php echo $data[0]; ?>

<?php
echo “ini sintak yang saya gunakan di PHP 5″.” “;
echo $data[‘apa’];
?>

Tapi anehnya, di kompi lokal atau laptop tidak masalah padahal menggunakan PHP 5, jadi salahnya dimana ya? 🙁

9 thoughts on “PHP 4 vs PHP 5”

  1. Mas salam kenal yachh
    thanks buat artikel2nya
    kalo mau chatt to email dimana yach…
    mohon petunjuk juga dari sang ahli…
    hehehe

    Reply
  2. pada settingan php.ini itu mas yang belum disetting sehingga kadang dikomputer lain jalan yang kebetulan memang php.ini udah disetting sedangkan dikomputer lain tidak jalan karena php.ininya belum di setting

    Reply
  3. Wah karburator nya kotor itu pak , harus di servis ke bengkel dulu…
    Wah nyambung ga ya ? . . .
    Harus bnyak belajar nih gw dari blog ini.
    Makasih pak ? Saya akan selalu ubek2 blog bapak

    Reply
  4. saya juga mengalami hal yg sama, di laptop pake windows+appserv versi terbaru, script berjalan dengan normal, tapi begitu di upload ke server eh banyak warning.
    diantaranya , di server kayaknya sudah tidak menerima sintax “!empty” atau tidak kosong.

    Reply

Leave a Comment