Linux vs Vista

Saya sudah mencoba sistem operasi linux dan microsoft. Yang terbaru dari microsoft sekarang ini adalah Vista-nya. Saya sebagai perogrammer web yang hanya membutuhkan beberapa aplikasi seperti apache, php, mysql, software design seperti Dreamweaver, Photoshop dan tak lebih dari itu yang saya gunakan saat masih memakai windows “xp”.

Ketika vista muncul saya mencoba migrasi. betapa beratnya beban kerja notebook saya, padahal saya cuma butuh tool untuk mengetikkan beberapa coding php. Dan terkadang apache saya error “Don’t Send” .. hehehe itu istilah di kantor saya.

Saya mencoba Linux, saya pernah coba CentOS dan Ubuntu. betapa bagusnya performance dari distro linux ini. Cepat, eksekusi query belum pernah mengalami crash.

Lima Hal Lebih Baik di Linux dari pada di Vista
Seperti umumnya pada produk baru, Vista yang masih anyar tidak luput dari kandungan masalah yang harus diperbaiki setiap hari. Bila user atau sysadmin melontarkan masalah di forum untuk mendapatkan bantuan, hampir selalu terdengar jawaban “Gunakan saja Linux”. Menurut Fahmida Y. Rashid dalam tulisannya di CMP Channel, ada lima hal lebih baik di Linux ketimbang di Vista.

Lima hal dimaksud adalah:

  1. Kebutuhan hardware lebih rendah, Linux tidak perlu komputer terbaru.
  2. Sekuriti : Aplikasi antivirus dan anti-spyware tidak perlu di Linux, sedangkan di Vista anda tidak aman tanpa dua aplikasi penangkal tersebut.
  3. Di Linux tidak ada retriksi menjalankan konten, sedangkan Vista memiliki fitur DRM (digital rights management) yang akan membuat masalah terhadap hardware dan menurunkan kinerja.
  4. Asalkan Linux, yakin ASLInya. Kendati Vista yang terpasang Asli, namun bila server “Windows Genuine Advantage” untuk verifikasi nomor seri tidak dapat diakses, bisa jadi kinerja Vista diturunkan.
  5. Jumlah aplikasi bebas untuk Linux kian hari meningkat, menyamin kesinambungan menggunakan Linux.

3 thoughts on “Linux vs Vista”

  1. Oh.gitu yah..,.mmm.. masa sih..bagusan linux daripada vista, tolong di perdetail lagi kanapa si pingu lebih hebat dari si jendela. salam.

    Reply
  2. Hehe..kalo Gitu sih ada beberapa hal yang bikin vista berat,
    1. Hardwarenya yang masih Under Vista Standard, kalo pake 2 gig ram dan minimal Dual Core ya..terbang ..
    2. VIstanya udah di TUne UP Belom,saya sih..pake vista sekarang, abisan Laptop saya Ori Vistanya., jadi ya di pake…. dan menurut saya gak lelet2x amat sih., tergantung udah baca buku hax vista belom.., kalo belom ya.. baca dulu..xixixi.. kabur aaah..

    Reply
  3. kalo saya bukan keduanya mas, saya pengguna macintosh, pake OS X 🙂

    dulu pernah nyoba vista, yang katanya keren, tapi masih keren mac 😀

    virus dan spy-ware juga minim di mac (nyaris tidak ada, atau sulit nyampe sini)

    Reply

Leave a Comment