Nama Yang Islami

Written on March 29, 2007 – 12:00 am | by Indra Koto | 18,250 views

Akhir akhir ini saya begitu intensif mencari nama-nama yang baik untuk calon jundi saya yang akan lahir dalan waktu beberapa bulan lagi. Tukar pikiran dengan teman-teman, ulama(ustad) dan juga berusaha searching di internet, tentu saja nanya sama om google dulu.

Memang saat ini banyak sekali para orang tua yang memberikan nama anak anaknya yang bagus-bagus, tetapi kesannya kebarat-baratan. Tentu saja karena saya adalah seorang muslim dan berusaha menjadi orang muslim yang baik, maka saya akan memberikan nama bagi anak-anak saya kelak nanti dengan nama yang muslim, dengan kata lain memberikan nama yang islami. Toh banyak nama-nama islami yang keren keren.. he he he.

Tidaklah suatu kewajiban pemberian nama islami tetapi itu semua adalah sebuah anjuran. Ada beberapa anjuran atau tips memilih nama bayi dalam Islam:
– Sebaik-baik nama adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahmaan (Al-Hadits)
– Nama yang paling sesuai adalah Harits dan Hammaam (Al-Hadits)
– Nama yang paling buruk adalah Harb dan Murrah (Al-Hadits)
– Dilarang menggunakan nama Barrah (Al-Hadits)
– Dilarang menggunakan nama-nama bayi yang memiliki arti buruk
– Dilarang menggunakan nama sesembahan selain Allah, seperti ‘Abdul Ka’bah, dan sebagainya
– Dilarang menggunakan Asmaa-ul husnaa jika tidak memakai ‘Abdu di depannya
– Sebaiknya tidak menggunakan nama-nama malaikat
– Dianjurkan untuk tidak menggunakan nama-nama yang terlalu panjang. Kebanyakan nama-nama bayi Islam di zaman Nabi SAW adalah singkat

Karena nama bayi Islam adalah dalam bahasa Arab, dianjurkan untuk memilih nama yang mengandung huruf-huruf Arab yang mudah diucapkan oleh lisan “Indonesia” secara benar, sehingga tidak merubah arti nama tersebut 🙂

Related Posts

Put your related posts code here
  1. 22 Responses to “Nama Yang Islami”

  2. By oRiDo on Mar 30, 2007 | Reply

    selamat yah..
    mudah2an calon jundi nya lahir dengan selamat dan sehat, begitu juga sama ummi nya..

    selamat juga..
    semoga dapet nama yg bagus..
    yang gak kalah penting adalah bagaimana kita membentuk jundi kita agar seperti yg kita harapkan.. agar menjadi anak yg sholeh/ah..

  3. By micokelana on Mar 30, 2007 | Reply

    Wah akhirnya akan juga. Semoga lahir normal dan diberi kekuatan untuk isteri pak.

  4. By urang mudiak on Apr 3, 2007 | Reply

    pertanyaannya apakah nama islam itu musti memakai nama Arab ? bukankah dalam islam hanya dianjurkan untuk meberi nama anak dengan arti yang baik biak..tidak menyuruh memberi nama arab bukan ?

    jadi gak salah juga kasih nama barat asal artinya baik..

  5. By Indra on Apr 3, 2007 | Reply

    #3. yup betul… kan cuma suatu anjuran, sunnah dilakukan berpahala, dan jika tidak dilakukan ya ga pa2,… tafadhol (silahkan)..

  6. By indri on Apr 5, 2007 | Reply

    gw ada ebook khusus nama2 bayi…
    tukeran yak…
    [maklum gw jg lagi hunting he..he]

  7. By simplyndah on Apr 7, 2007 | Reply

    kalo cewek bagusnya sih dikasih nama INDAH,
    kalo cowok terserah yang penting jangan INDRA
    😀 (samaan ama abinya)

  8. By Nisa on Apr 7, 2007 | Reply

    perempuan ato laki”? 😀 perempuan c.. nisa aja 😛

    …. mupeng niy ngeliat kalian berdua. :’) selamat yaa…

    *habis lihad foto2 kalian berdua*
    ~kalaudipikirpikirindramiripsamamantansayahhuhuhuhu:'(sebeeel~

  9. By w on Apr 9, 2007 | Reply

    hi pertama masuk ke web anda. salam kenal. nama islami tak harus berhubungan dengan arab bukan? 🙂

  10. By Indra on Apr 10, 2007 | Reply

    #8. Saya tidak mengatakan nama arab bukan ?? … toh yg saya tulis itu adalah yg dikatakan Rasul bukan ?? toh yg saya tulis adalah bahasa dimana Rasul hidup yang mana di al-quran sebagai bahasa islami ??

  11. By urang_mudiak on Apr 11, 2007 | Reply

    kasih nama “padang Ilalang” aja bagus denger nya..kalau gak senja..atau jingga..atau lembayung juga oke..hahahaha

  12. By ancel on May 29, 2007 | Reply

    he….. bagus sekali perspektifnya

  13. By malinsutan on Jul 30, 2008 | Reply

    sebenarnya nama yg islami itu sangat sedikit,ahmad,muhammad,islam.
    yang banyak itu nama arabi,perlu dipisahkan antara arab dengan islam.kalau disamakan akan menjadi bumerang bagi orang islam.karna akhlak dan budaya arab sangat berlainan dengan islam.
    boleh saja nama asli indonesia asal artinya bagus.nama adalah doa orang tua dan ALLAH faham doa dalam segala bahasa.

  14. By arafat on Oct 9, 2008 | Reply

    wah, mnurut aq sih nama yang baik (yang dimaksud Rasulullah) ya nama dari bahasa Arab (yang artinya bagus). kalo cm sekedar nama (dari bahasa apapun) asal artinya baik, itu bukan yang dimaksud Rasulullah, tapi yang dimaksud orang tuanya masing-masing.

    Tanya saja sama ibunya edy tansil (koruptor) apakah nama itu artinya bagus? pasti iya
    ato tanya sama ibunya sumanto (pembunuh) apakah nama sumanto itu artinya bagus? pasti iya juga

    Nah kalo dicampur aduk keinginan Rasulullah dengan keinginan org lain (selain Rasul) jadi kacau balau swalau atuh…

    so, sekarang beri nama anak pertama anda, misalnya, “sangga rimba” dan anak kedua anda misalnya “ahmad” dan tanyakan secara jujur pada diri sendiri dari lubuk hati yang paling ikhlas, apakah kira-kira Rasulullah ridha kepada nama anak pertama anda atau anak kedua?

  15. By tatu on Mar 18, 2009 | Reply

    banyak juga yang nama2nya islami, tp malah gak sesuai sama kelakukannya… contoh kasus di Indonesia… maaf ada yg jadi koruptor, pembunuh dan tindak kejahatan lainnya, pokonya tidak sesuai dengan arti sifat dari namanya…. kan jadi malu2in orang islam aja… memberi nama anak yg baik itu memang harus, tapi mendidik anak supaya punya akhlak baik itu yg lebih penting…

  16. By inay on Jul 1, 2009 | Reply

    Klo cwo mendingn di ksh nama muhammad bwt nama depannya nti nama belakangnnya disesuaikan….
    klo cwe siti atau anisa bwt nama depannya..
    tapi agak pasaran jg sh…cz agak sulit cari nama arab yang bisa disesuaikan dengan lidah orang indonesia………..

  17. By okta on Aug 4, 2009 | Reply

    Assalammualaikum..wr..wb

    apa sih arti sebuah nama menurut saudara2 sekalian?
    saya memiliki nama yg berakhiran “Prihatin”. karena menurut ibu saya dulu saat saya dilahirkan itu kondisi keluarga saya sedang prihatin. Nah, yang ingin saya tanyakan apakah nama itu berpengaruh terhadap kehidupan kita? apakah bijaksana apabila saya ingin merubah nama “Prihatin” itu dengan nama lain dengan harapan agar hidup saya lebih baik? (saya memiliki alasan tersebut karena semenjak lulus kuliah saya merasa susah sekali mendapat pekerjaan dan jodoh yang baik-karena seringkali saya dekat dengan lelaki yang akhirnya menyakiti sayai).

  18. By zahrah on Dec 27, 2011 | Reply

    sgt berpengruh ukhti krn rosulullah bersabda bhwa nma adl doa…mngkin prjalanan hdup anda sllu sj prihatin disebakan krn nama anda sendiri yg mndoakan anada utk prihatin wallhu ‘alam bisowaf…
    saran ana mnding anda ganti nama anda kenama yg lebih islami biar lbh berkah…

  19. By Niswa Ma'rifah Djupri on Dec 9, 2010 | Reply

    Nama saya bagaimana?? hehe

    “Niswa”

    “Ma’rifah”

    “Djupri”

  20. By zahrah on Dec 27, 2011 | Reply

    haluuuuuuuuuuuuuuuu………….
    kmana lg penghuni2 baru, kok bertaun2 gk ada yg koment…………

  21. By zahrah on Dec 27, 2011 | Reply

    Aisyah Zainah Tahirah

  22. By zahrah on Dec 27, 2011 | Reply

    Almevira Mustika Kezya Dasya
    Muhammad Iyad Al-Faruq
    Aisyah Zainah Tahirah
    Muhammad Hafidz Al-Furqon
    Muhammad Dihyah Al-Qolby

    Semoga mjd nama yg diberkahi dan mjd anak yg shalih..
    amien…

  23. By nietha on Mar 22, 2013 | Reply

    boleh nanya gak admin, q pengen tahu arti dari harisatun niswah apa y?
    thnx

Post a Comment

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :