Dehidrasi

Written on February 18, 2006 – 12:00 am | by Indra Koto | 2,664 views

Betul, sehat itu memang mahal. Siapa yang tidak mau sehat, karena sakit itu menyiksa.
Itulah yang aku alami beberapa hari ini. Sakit yang sering di alami orang kantoran
seperti aku sangat berbahaya, begitulah kata Dokter. Aku mengalami dehidrasi yang
di awali dengan buang air besar yang sering sekali alias mencret-mencret. Hehehe..
kata teman-teman salah makan kaleeee…, dasar orang padang penyakitnya gak
jauh dari sakit perut … halah.

Aku ulas sedikit tentang penyakit ini dan tip menjaga dari serangan dehidrasi…
hehehe.. kata dokter sih. Penyakit ini biasa di sebabkan kerja berat, kerja
lembur, olah raga, bekerja di ruangan ber-AC, dan semua itu tidak di imbangi
dengan minum air putih yang banyak. Ketika daya tahan tubuh mulai menurun, dan
ketika makan makanan yang tidak bisa di terima sama perut, maka akan timbul
mencret-mencret. Dehidrasi mulai menyerang.

Kalo hal ini sampai terjadi, segeralah ke dokter karena penyakit ini berbahaya
sekali. Ini aku kasih tip (dari dokter sih)
:

  1. Jika kita berkerja di ruangan ber-AC (nah yang ini aku nih), banyak-banyaklah
    minum air putih. Setiap hari minum air putih sedikitnya delapan gelas atau
    sekitar 2-3 liter.
  2. Jika kondisi kita dalam keadaan capek karena banyak melakukan aktivitas,
    jangan langsung minum minuman yang berenergi seperti suplemen. karena bukan
    menyelamatkan kondisi tubuh akibat kekurangan cairan, namun justru akan menambah
    berat proses pemulihan.
  3. Hindari minuman beralkohol dan sejenisnya, tapi aku bukan peminum loch,
    harom… seeeeech.
  4. Jangan berolah raga di siang hari saat matahari sedang terik.

Yach gitu aja deh pembahasannya, karena aku bukan dokter, tapi cuma sharing
aja. Kalo ada yang kurang jelas silahkan lemparkan pertanyaan ke dokter keluarga
anda, karena aku tidak berwenang untuk urusan ini. Hehehe..

Related Posts

Put your related posts code here
  1. 5 Responses to “Dehidrasi”

  2. By dd'Hilda on Feb 18, 2006 | Reply

    Asalamu’alaikum,…
    Disuruh ngasi komentar hiks hiks.. padahal lom makan siang,… mmm… satu komentar aja,.. “jgn pernah diperbudak oleh pekerjaan” Atau,.. pas lagi sibuknya kerja atau pas lagi seru2nya chating dengan si aku ;)) tinggalin aja,..makaaaaan … sholaaaaat… jgn dipending,… kasian tuh cacing diperutnya berteriak ;)). Narok botol minuman + roti,sesuatu yg bisa di makan di meja kerja bole2 aja kok) asal jgn mpe tumpah di kertas aja… heheheheh ok ok ?? ok doong
    OK pak Indra,.. cukup sekian dulu komentar saya,… (perut aku soalnya dah konser nih)
    Wasalam “Jitak”

  3. By Nisa on Feb 21, 2006 | Reply

    Hmmm.. lagi musim sakit yah.. ;_;… sakit itu gak enak.. makasih tipsnya. 😛

    –>”Kalo ada yang kurang jelas silahkan lemparkan pertanyaan ke dokter keluarga anda, karena aku tidak berwenang untuk urusan ini. Hehehe..” –> wehehehe.. tidak bertanggung jawab woi. huehuehuhue.. j/k

    semoga cepat sembuh yaks.

  4. By didats on Feb 21, 2006 | Reply

    eh, eh, ada apaan sih? 😛

  5. By indri on Feb 21, 2006 | Reply

    si abang ini jelas tidak diperbudak pekerjaan.
    Buktinya masih bisa ngeblog, ama chating .
    ;))

  6. By lita on Mar 24, 2006 | Reply

    wah, draft posting dehidrasi sedang dirancang nih.
    ntar baca ya! 🙂

Post a Comment

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :