Tujuh Dosa Besar

Written on January 14, 2006 – 12:00 am | by Indra Koto | 12,122 views

Setiap bayi yang di lahirkan tidak memiliki dosa. Ketika kita beranjak dewasa (akhil balig) kita telah di bebani dengan dosa. Setiap manusia tidak luput dari perbuatan salah yang berakhibatkan terima dosa-dosa, baik dosa yang di sengaja maupun dosa yang tidak di sengaja.

Tulisan ini bukan saya sok alim ( hehehe, saya juga punya banyak dosa neeh…. 😀 ) atau untuk menceramahi tetapi untuk sharing dan berbagi untuk teman-teman, mungkin teman yang sedikit lupa atau agak terlena dengan kehidupan dunia kita masing2, intinya hanya mengingatkan, yah anggap saja ini suatu kultum dari saya ba’da Hari Raya Idul Adha… hihihi… belajar kasih kultum… seeech…

Tujuh Dosa Besar yang patut kita ketahui, tetapi masih banyak dosa-dosa yang membuat kita terjerumus ke liang neraka … heheh .. ngomongnya kayak ustad banget …. Ya udah…. nih Tujuh Dosa Besar yang wajib kita ketahui… Jauhilah tujuh macam dosa yang bertingkat – tingkat (besar), diantaranya ialah :

– Mempersekutukan Allah
– Sihir
– Membunuh diri yang diharamkan Allah kecuali dengan hak.
– Makan harta riba
– Makan harta anak yatim
– Lari dari peperangan
– Menuduh wanita yang beriman yang tidah tahu menahu dengan perbuatan buruk
dengan apa yang difitnahkan kepadanya.

(HR Bukhari dan Muslim)

Hmmm… begitulah kira-kira, semoga bermanfaat, hihihi… saya tunggu komentarnya … ;))

Related Posts

Put your related posts code here
  1. 18 Responses to “Tujuh Dosa Besar”

  2. By Nisa on Jan 14, 2006 | Reply

    Hmmmm…. saya tak paham dengan pernyataan nomor 3. Membunuh diri? Maksudnya beneran bunuh diri? lalu hubungannya dengan hak? 😀

    Makasih ya kultumnya.. 😀

  3. By Indra on Jan 14, 2006 | Reply

    gini Nisa, maksudnya no. #3. mati itu hak Allah, hanya Allah yg mematikan kita. itu maksudnya. Semoga daku gak salah, ada tanggapan lain ?? silahkan.

  4. By Aini on Jan 14, 2006 | Reply

    Maksud dari no. 6 itu peperangan dalam hal apa saja? Terus kenapa hanya kepada wanita beriman yang termasuk dalam dosa besar? bukankah fitnah itu sebuah dosa (tanpa memandang individu)? kalo ada pertanyaan yg salah, mohon dimaafin yach….

  5. By indra on Jan 14, 2006 | Reply

    No. #6 Jelas kalo kta dalam suana di jajah dan perang, kita tidak boleh melarikan diri, kecuali untku menyusun siasat kembali (kalo gak salah di Surat An-Anfal ada tertera begitu), hal ini terjadi sperti di peperangan kita melawan penjajah belanda, perang di jaman rasul, dan perang dimana saja, notabanenya adalah peperangan melawan angkara murka. Dan bisa di analogikan perang melawan hawa nafsu, jika kita gak bisa melawan hawa nafsu, maka kita terjerumus ke hal maksiat, nah itu dosa. Maaf kalo ada yg salah. Yang benar datangnya dari Allah, yang salah datang nya dari saya manusia yg bisa berbuat kesalahan. Mohon koreksi lagi. 😀

  6. By Aini on Jan 14, 2006 | Reply

    Terus no.7 kenapa hanya fitnah kepada wanita beriman yang termasuk dalam dosa besar? bukankah fitnah itu sebuah dosa (tanpa memandang individu)?

  7. By Indra on Jan 14, 2006 | Reply

    di atas sudah saya bicarakan “tetapi masih banyak dosa-dosa yang membuat kita terjerumus ke liang neraka…” ., masih banyak dosa-dosa tetapi tidak termasuk dosan besar, fitnah termasuk dosa, tetapi lebih dosa besar lagi kalo seseorang memfitnah WANITA SHOLEH, WANITA BERIMAN, itu adalah Hadist yg di riwayatkan Bukhori Muslim. 7 point dosa besar, bukan berarti gak ada dosa lain lagi, masih banyak dosa-dosa yang lain, tapi liat intinya, Dosa Besar. saya rasa Aini cukup puas jika memahami judulnya. ada yg komentar yg lebih tau dari pada saya ?? silahkan …

  8. By hufat on May 29, 2010 | Reply

    trima kasih

  9. By byonic on Jan 14, 2006 | Reply

    Hmm… postingan yang bagus..
    Sayah jadi sangat merasa banyak dosa.. hiks…

  10. By manjur on Jan 15, 2006 | Reply

    Eh..kapan naik hajiii Dra!!!

  11. By dental on Jan 15, 2006 | Reply

    manusia di design untuk “berbuat dosa”, mana ada manusia sekarang luput dari dosa, jadi saat ini saya belum pengen bertobat, kasarnya masih pengen berbuat dosa. hihihi 😉

  12. By hafi on Jan 16, 2006 | Reply

    assalam

    numpang lewattt …
    🙂

    wahh .. ada yang alim yahhh..
    mang .. kurang ajar ma ortu ga termasuk 7 dosar besar yah ???
    owwhh .. baru tau akuw …

    btw, jadwal solatnya dari mana siyh ?? om google yak ?? mau donnk .. 🙂

    permisi ..
    cabs dulu ahhh..
    🙂

    -hafi-

    http://hafi.blogsome.com/

  13. By Indra on Jan 16, 2006 | Reply

    #10. hihihi .. iya yah .. aku dapatnya dari Hadist loh .. mungkin di hadist lain ada tertera ortu juga .. aku setuju durhaka sama ortu termasuk dosaaaaaaaaaaaa besar .. setuju sama Hafi ….

  14. By tia on Apr 13, 2006 | Reply

    saya mau meminta keterangannya.ba gaimana azab yang di dapat bagi kita melakukan point 5 dan 7 trus jawabannya kalau boleh tau dari hadist riwayat siapa?? trim’s y. soalnya ini buat bahan rumusan makalah

  15. By vitha on Feb 27, 2009 | Reply

    maksudnya nomor 6 itu apa?????
    bisa dijelasin kan……heheheh
    aku mu tanya loe kita boong demi kebaikan boleh nggak…..heheheeeeeeeeeeee

  16. By riyan on Mar 22, 2009 | Reply

    definisi, ayat alquran atau hardist,dampak,dan pendapat anda tentang Makan harta anak yatim krm ke email ya. 🙂

  17. By Adit on Aug 9, 2009 | Reply

    Kenapa sihir selalu dilarang, bukannya dulu sebelum kita mengenal Allah dan lainnya kita menggunakan sihir untuk menyembuhkan dan melakukan hal lain dan kenapa selalu dianggap melakukan sihir itu artinya memuja iblis dan segala macam tai kucing itu????

  18. By vie on Aug 11, 2010 | Reply

    astagfirullahalazim….
    kebenaran hanya milik Allah….menurut saya infonya bagus dan untuk mengingatakan kita untuk tidak melakukan dosa besar, mohon untuk dicerna dengan baik…dan semua ada dalam Alquran dan Hadist…. , untuk dosa” yang lain pun banyak, tp Allah mengklasikfikasian 7 dosa besar itu tersebut diatas….coba mulailah untuk tidak berbuat dosa baik dari hal yang terkecil sampai dengan terbesar…mudah”an bermanfaat.

  19. By khairul zamzami on Jun 7, 2012 | Reply

    soryyyyyyyy coy lau bisa pake hadist nya dunkkkkkkkkkkkkkzzzzzzzzz

Post a Comment

I am Indra

was born in Jambi, May 24th 1978. But I spend my childhood till teen in Bukittinggi City and finised my elementary and high school there too. Currently living at Jakarta, Indonesia. Now one I am working as a Web Programmer and as a Lecturer. More



Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :